Agar Ikan Tidak Lengket Saat Digoreng di Wajan

Posted on
Sebenarnya sih bukan tips yang gimana-gimana banget agar ikan tidak lengket saat digoreng di wajan. Biasa ya, koki pemula iniiiii, yang ringan-ringan gini aja suka diributin hahaha.

Kadang kalau masaknya beruntun, suka malas bersihin wajan yang habis dipakai buat bakar-bakar roti misalnya. Suka ada sisa-sisa keju atau apalah gitu yang masih lengket di wajan. Terus wajannya langsung saja dipakai buat menggoreng setelahnya.

Maksudnya sih gegayaan biar hemat air. Nah ini nih yang tet tot banget :p.

Makanya suka bingung juga. Kok ya kemarin-kemarin pakai wajan yang sama buat menggoreng-goreng hasilnya oke-oke saja. Kok kadang lengket. Kirain memang faktor keberuntungan semata hahaha.

agar ikan tidak lengket saat digoreng di wajan
Gambar : pixabay.com






Ya masalahnya bukan pada hoki-hokian kali ah :p. Tapi memang ada “rule-rule”nya yang harus diikuti. Bukan yang gimana-gimana banget kok. Entah juga kenapa baru nyadarnya sekarang *tepokJidat*.

Padahal rasanya sih sudah pernah dibilangin sama Mama, deh. Lupa-lupa ingat juga. Pernah tuh lagi buru-buru mau goreng ikan karena anak-anak sudah hampir pulang selesai sekolah. Langsung saja nyamber wajan bekas pakai yang kayaknya memang kena lengket apa gitu. 

Tuangin minyak dan begitu panas cemplungin ikan. Lah, hasilnya hancur karena lengket :(.

Udah sengaja milih goreng ikan (yang sudah direndam pakai bumbu) biar praktis, cepat dan anak-anak doyan. Huhuhu, enggak penting banget deh kesalahannya -_-. 

Ternyata ada tips-tipsnya nih gimana agar ikan tidak lengket saat digoreng di wajan :


1. Wajan harus dalam kondisi bersih. Artinya tidak ada sisa-sisa bahan makanan yang masih menempel di permukaan wajan. Dibersihkan sampai benar-benar mulus atau kinclong tuh permukaan wajannya :D.

Jadiiiii, jangan malas atau sok-sok an hemat air yaaaaa :p. Tunjuk diri sendiri hahaha.

2. Pastikan minyak benar-benar sudah panas sebelum ceburin ikan ke dalam minyak. Kalau belum panas betul, ikannya bisa keburu lengket di permukaan wajan.

3. Ikan hanya boleh dibalik kalau bawahnya sudah keras/matang. Jangan dibolak-balik berkali-kali. Cukup pastikan tiap sisi sudah matang betul sebelum dibalik.

agar ikan tidak lengket saat digoreng di wajan
Gambar : pixabay.com


Udah sih kayaknya gitu-gitu doang ya :D.

Jangan diremehkan tips-tips ringan kayak begini. Karena kalau buat pemula (kayak saya hihihi), kan lumayan juga tuh kalau berurusan dengan wajan yang permukaannya dipenuhi kulit/daging ikan yang lengket saat digoreng.

Kerjaan lagi kan? Belum lagi ikan gorengnya enggak sukses. Suksesnya sih tercabik-cabik sebelum dimakan hehe.

Bagi yang sudah tahu ya jangan diketawain yak *sungkem dulu sama para masterchef*.

Btw, selain buat goreng ikan, tipsnya juga berlaku kok buat goreng-gorengan lainnya. Bikin tempe goreng tepung atau goreng tahu pun tipsnya ya mirip-mirip gini juga biar hasilnya tidak lengket. Masakannya pas matang enak dengan bentuk “sempurna” :p. Dan tidak ribet ngurusin wajan setelahnya. 

Itu dia ya tips agar ikan tidak lengket saat digoreng di wajan. Semoga membantu dan tidak ada lagi drama berantem sama permukaan wajan yang coreng moreng kena lengketan ikan waktu digoreng -_-. 

Percayalah, hal itu bisa dicegah!!! Hahaha :p.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *