Cara Mudah Membuat Acar Timun Wortel Mentah

Posted on
Sesuai judulnya ini beneran cara mudah membuat acar timun wortel mentah. Rasanya juga enak deh. Ya dicoba dululah ya sendiri. Kalau yang buat so pasti bilang hasil masakannya enak dong ah hihihi.

Kalau kata suami saya karena udah bertahun-tahun makan sayur mentah melulu, makan acar tuh rasanya kayak surga hahaha. Awalnya dari paksaan, akhirnya sekarang suami dan anak-anak memang sudah pada terbiasa dengan sayuran segar, hanya dicuci bersih dan dipotong-potong tanpa diolah sama sekali ;).

Dulu sih, kita ngeremehin acar banget. Dulu mah makan sayur emang enggak doyan saya hahaha. mau ditumis kek, digulai kek, diacar apalagi, kalau sayur saya enggak terlalu suka. Jarang makan sayur dulu *tutupMuka*.

Saya enggak ada fotonya, tapi cara mudah membuat acar timun wortel mentah ini sudah ada vlognya lhooooo 😉

Mengawetkan makanan dengan bantuan cuka sudah dikenal berabad-abad sebelum Masehi. Acar punya banyak nutrisi dengan kalori yang minimum. Khusus untuk acar timun wortel ini ya emang isinya sayur-sayuran doang ya hehehe. 

Gulanya juga jangan banyak-banyak. Suami saya pernah bikin yang tanpa gula. Tapi gimana ya, rasanya jadi aneh jugak :(. Jadi tetap kalau saya bikin mah pasti pakai gula. 

Konon juga, mengkonsumsi acar memperlambat pencernaan karbohidrat makanya bisa mengoptimalkan proses penurunan berat badan. Ini masih konon yaaaaa. Soalnya kok agak-agak gimana gitu. Coba dicari tahu lebih lanjut.

Lah masih konon kok ditulis. Karena saya tahu banyak mamah-mamah lagi usaha banget kan buat nurunin berat badan hihihi. Nah ini info penyemangat asal dicari tahu lebih detail lagi ya ;).

Ayok makan acar! :p.

Tapiiiiiiii jangan sampai berlebihan. Dengan jumlah pas, acar timun wortel begini bisa membantu kualitas kesehatan kita secara umum. Apa pun itu kalau dikonsumsi berlebihan ya pastinya enggak bagus lah ya. Termasuk air putih lho ^_^.

Coba saja minum air putih dua gentong kalau enggak kembung hahahaha.

Cara Mudah Membuat Acar Timun Wortel Mentah yang Enak

Timun diiris tipis memanjang atau sesuai selera
Wortel diiris tipis memanjang / sesuai selera
Bawang Bombay (bisa juga bawang merah) iris tipis-tipis
Jalapeno (opsional) iris tipis
Cabe rawit buat yang ingin pedas, iris ka
sar saja
500 air matang
Masukkan 5 sdt gula pasir + 1 sdt garam + larutan cuka secukupnya ke dalam larutan air
Masukkan semua bahan yang diiris tadi ke dalam larutan cuka gula garam. Aduk sebentar sampai tercampur semua.
Tutup rapat wadah dan masukkan dalam kulkas minimal 2 hari sebelum siap disantap dengan berbagai hidangan.
Selamat mencoba.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *