Resep Ampyang Kacang Gula Merah

Posted on
Resep Ampyang Kacang Gula Merah mengingatkan cemilan favorit di masa kecil. Saya ini sweet tooth bangeeeet. Juaranya deh makan yang manis-manis. Mungkin sesuai model wajah sendiri yaaaa hahahahaha –> keplak pakai gula batu! :p.

Tinggal di rantau model kota kecil yang pendatang Indonesianya minimalis ya enggak usah berharap banyak bisa jajan-jajan di toko hihi. Ada sih, Toko Asia. Tokonya malah ada beberapa. Ada yang khusus Asia Timur Jauh yang menjual bumbu dan olahan khas Tiongkok dan sekitar (termasuk Asia Tenggara). Ada juga yang ala-ala Timur Tengah. Nah, kalau yang halal carinya di yang Timur Tengah ini ;).

Gula aren atau gula merah dijual di Toko Asia (ala Tiongkok). Tapi teksturnya beda banget. Warnanya saja coklat muda. Terus keras banget. Tapi gampang hancur kalau direbus. 

Nah, tempo hari suami balik ke Jakarta sekitar 2 minggu sudah saya bombardir dengan daftar bumbu dkk yang harus dipepetin ke dalam koper hahaha. Termasuk si gula merah iniiiiiii.

Sebenarnya bisa beli gula merah yang penampakannya mendingan, tapi harus ke Dublin -_-. Yang di Dublin, teksturnya lebih oke, warna juga jauh lebih gelap. Tapi keras-keras gitu juga. Enggak otomatis lumer kalau ditowel-towel.

Soal Ampyang Kacang sendiri, saya pernah makan yang gulanya lengket. Enggak enak banget rasanya. Nyiksa di gigi dan rasa manisnya agak asem. Berarti ini pengaruh gula merahnya, ya.

Saya cobain gula merah yang dibawa suami dari Jakarta. Wah, mantaaaaaap. Lebih empuk, begitu ditowel, bisa agak lumer. Jadi semangat mau bikin Ampyang Kacang Gula Merah -nya.

Kalau kacang tanah sih banyak di sini hehehe. Berbagai jenis dengan ukuran macam-macam. 

Pas nyari-nyari resep dan nonton di youtube, banyaaaaak banget ternyata resep Ampyang Kacang Gula Merah di mana-mana *tepukTangan*. Rata-rata resepnya mirip. Cara masaknya juga super gampil *tepukTanganLagi*. Cucok lah buat amatiran kayak saya :p.

Dengan mencicipi gula  merah -nya, saya optimis banget deh bakal sukses hihihi. And indeed … gulanya empuk dan manisnya pas. Persis seperti yang sering dimakan pas kecil dulu ^_^.

Resep Ampyang Kacang Gula Merah


Resep Ampyang Kacang Gula Merah 


Bahan :

  • Kacang tanah sekitar 300 gr. Sangrai di wajan atau bisa dibakar dalam oven. Saya pilih disangrai. Pakai minyak dikiiiiit banget buat basahin wajan dikit :D. Kira-kira minyaknya sepertiga sendok teh saja. Tanpa minyak juga enggak apa-apa kali, ya. Takut lengket nih hehehe.
  • Gula merah sekitar 200 gr
  • Jahe 2cm, iris tipis-tipis terus geprek
  • Air kira-kira 50 ml
  • Garam sedikit
Cara Membuat :

  • Tuangkan air ke dalam wajan. Masukkan gula merah. Didihkan
  • Masukkan jahe dan garam. Aduk rata
  • Tunggu sampai air mulai kering dan gula merahnya mengental. Matikan api.
  • Lalu masukkan kacang dan aduk-aduk rata. Jangan lama-lama ya ngaduknya nanti gulanya keburu keras lagi hehehe.
  • Ambil adonan sesendok demi sesendok taruh di atas wadah. Saya pakai aluminiun foil hihihi. Biasanya sih kertas roti ya. Enggak penah beli kertas roti sih :D.
  • Tunggu sampai kering. Siap dicemilin ;).
Sekali lagi, pengaruh kualitas gula merah/gula aren penting banget ;). Pas intip bungkus si gula merah yang dibawa suami dari  Jakarta, jiaaaah…harganya lumayan juga. Sekitar 41 ribu rupiah per kg :D. Tapi harga enggak bohong sih ^_^.

Btw, sedikit informasi nih tentang Gula Merah. Gula ini dibuat dari air nira yang disadap dari tangkai bunga jantan di Pohon Aren. Makanya disebut juga Gula Aren. 

Pohon Aren sendiri punya banyak manfaat lain selain diambil niranya. Coba yaaa, kapan-kapan ngerumpi lagi soal pohon Aren ini :p. Ini pan temanya sharing resep hihihi.

Cemilan iseng dari bahan non pabrikan seharusnya lebih “sehat” :D, makanya ayo dicobain resep Ampyang Kacang Gula Merah -nya ;). 







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *