Resep Ayam Bakar Padang

Posted on
Resep Ayam Bakar Padang ini termasuk resep yang tingkat keberhasilannya cukup tinggi hehehe. Lihat saja bahan-bahannya. Kemiri, santan, sereh, bawang-bawangan…onde mandeeee :D.

Jaminan gurih khas masakan Indonesia banget gak sih? 😉

Resep Ayam Bakar Padang
Harusnya warnanya kemerah-merahan gitu. Cuma ini lagi tiris cabe merah hihihi. Duh, beli cabe merah segar di sindang, harganya bikin urut-urut sekujur tubuh dah #elusDompet. Biar ngirit, saya ganti sepertiga dengan cabe hijau yang agak kecil tapi pedes.


Sebenarnya ada cabe merah kering yang lebih murah. Cuma apa cocok ya makanan model begini pakai cabe merah kering? Nanti dieksplore lebih lanjut –> gayanye udah kayak yang jago masak aja hahaha.

Bikin Resep Ayam Bakar Padang ini benar-benar bikin ingat sama Mbak Sum. Dulu punya embak di rumah yang jagoan banget :’). Jago memasak, pinter mengambil hati anak-anak, dan telaten bersih-bersih rumah.

Si embak pernah pengin makan Ayam Bakar Padang –> ngalah-ngalahin Nyonya-nya dah hahahaha. Terus dia nanya resepnya. Saya bilang entar saya cariin di internet. Maksudnya ya entar-entar beneran gitu.

Eh, saya juga kepengin hihihihi. Pas saya cari resepnya kok kayaknya yang susah banget gitu ya hahaha. Tapi berhasil dieksekusi dengan cetaaarrr oleh si embak ;). Enaaaaak (y).

Terus pas di sini kepengin lagi, kok resepnya enggak rumit-rumit amat ya. Apa emang beda resep? Hihihi.

Sumpah deh, yang ini simpel banget. Pas telusuri hasil Googling ya resepnya memang mirip-mirip. Seperti biasa, saya prinsipnya ngambil bahan selengkap mungkin. Makin rame makin enak deh biasanya ;).

Duh jadi ingat nyinyiran tentang birokrasi di tanah air, “Kalau bisa susah kenapa dibikin gampang?” Hahhahaha. Ampuuuuun,  maksudnya bukan gitu lho yaaaa :p. 

Resep Ayam Bakar Padang

Bahan-bahan
  • 1 ekor ayam, bagi 8 potong
  • Jeruk nipis buat rendaman ayam
  • Setengah bawang bombay, iris tipis/halus. Pakai bawang merah sebenarnya tapi di sini kan adanya bombay putih dan merah hehehe. Kalau bawang merah standar pakai 8 siung ya. 
  • 2 batang sereh, memarkan
  • 800 ml santan encer
  • Garam+gula secukupnya
  • 3 buah asam kandis (saya pakai 1 sdm asam jawa yang dilarutkan dengan sedikit air)
  • Minyak untuk menumis

Bumbu dihaluskan :

  • 5 siung bawang putih
  • 7 buah cabe merah besar 
  • 2-3 cabe rawit, tergantung pengin pedesnya semana.
  • 6 butir kemiri, sangrai
  • 2 ruas jari jahe
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
Cara Membuat :

  • Lumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan minimal setengah jam agar bumbu meresap dengan baik.
  • Tumis bawang bombay/bawang merah sampai wangi.
  • Tambahkan bumbu halus + sereh ke dalam tumisan. Aduk rata.
  • Masukkan potongan ayam. Masak sampai warnanya berubah.
  • Tambahkan santan + garam + gula + asam kandis/air asam jawa. 
  • Masak sampai mendidih dan bumbu meresap dan kuah mengental.
  • Panggang/bakar ayam sampai matang. Enggak perlu lama-lama lah. Sekitar 15 – 20 menit kalau masuk oven dengan suhu 180 dercel. 
  • Sajikan dengan kuah sisa bumbu tadi. Dijamin endeeeessss ;).

Resep Ayam Bakar Padang


Musim dingin begini, ajib banget deh rasanya yang gurih-gurih pedas begini :D.

Ya, ya, ya, kalau di Jakarta mah tinggal ngesot ke warung ya hihihi. Mana sekarang juga sudah ada Gojek dkk. Makin ngaso-ngaso deh urusan dapur :D.

But once in a while, bolehlah ya, biar panci enggak karatan dan bumbu-bumbu tidak expired, tetap praktik-praktik di dapur sendiri ;).

Updated : baru-baru ini saya bikin vlog resep untuk Resep Ayam Bakar Padang ini. Video tentang detail cara pembuatannya secara live lho :D. Resepnya tidak persis yang saya tulis di atas ya tapi tidak ada perbedaan signifikan kok ;).



Nah, jangan lupa praktikkan juga Resep Ayam Bakar Padang yang ini ;). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *