Resep Ayam Goreng Ungkep

Posted on
Resep Ayam Goreng Ungkep itu bisa beda-beda tergantung kebiasaan, ya. Tergantung tempat nyonteknya juga hahaha. Atau tergantung yang ngajarin atau yang ngasih tutorial :p.

Ini benar-benar resep yang super fleksibel :D.

Resep Ayam Goreng Ungkep
Mama saya termasuk aliran simpel karena Resep Ayam Goreng Ungkepnya hanya bawang putih + merica + garam gula + kaldu ayam instan. Katanya gitu doang juga udah enak.

Iya, sih. Beneran enak hehehe.


Tapi karena mungkin saya udah terbiasa ya pakai bumbu macam-macam (gaya loooo hahaha), kurang mantap aja gitu rasanya kalau modal bawang putih doang gitu-gitu.

Sebenarnya istilah “ungkep” pun punya  beberapa makna, ya. Saya pikir kalau diungkep ya artinya dimasak dengan bumbu-bumbu hingga bumbu meresap ke dalam daging. Biasanya yang diungkep kan daging-dagingan, ya.

Terus teman saya ada yang cerita, katanya ungkep tidak harus dimasak. Bisa juga berarti daging dicampur bumbu lalu didiamkan semalaman atau lebih lama dalam kulkas sampai bumbu meresap.

Sebenarnya, yang benar yang mana, sih? Hihihi.

Kalau saya sih, lebih sering mengungkep dengan cara direbus/dimasak bareng antara bumbu dan daging. Itu pun setelahnya kadang juga saya simpan dalam kulkas biar bumbu lebih meresap lagi.

Pernah juga, tanpa dimasak, ayam dan campuran bumbu cuma ditaruh dalam kulkas semaleman terus besoknya digoreng. Enggak enaknya pakai cara begini, kadang ayamnya masih kemerah-merahan gitu. Padahal sudah digoreng lumayan lama. Mungkin minyaknya kurang banyak dan kurang panas apa, ya.

Etdah, banyak cing cong nih. Resepnya manaaaaaaa hahaha.

Abisnya Resep Ayam Goreng Ungkep ini super standar yah. Jadi banyakan ngalor ngidulnya dulu :p. Entah ada yang bener-bener butuh resepnya apa enggak hihihi.

Resep Ayam Goreng Ungkep


Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong menjadi 8 atau 12 bagian. Cuci bersih.
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 1 batang sereh, geprek 
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 sdm air asam jawa

Bumbu dihaluskan :

  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt ketumbar
  • Garam gula secukupnya

Cara Membuat :

  • Campur potongan ayam + semua bumbu dalam panci. Aduk sampai bumbu tercampur dengan potongan ayam.
  • Tambahkan sedikit air dalam panci berisi ayam dan bumbu. Kira-kira 200 ml.
  • Didihkan panci sampai air tinggal sedikit dan bumbu meresap.
  • Diamkan dalam kulkas. Minimal sejam. 
  • Panaskan minyak goreng.
  • Goreng potongan ayam sampai matang kecoklatan.
  • Siap dihidangkan.
Resep Ayam Goreng Ungkep
Ya kadang juga kasih kunyit, sih. Atau pakai sedikit pala bubuk. Tapi katanya kunyit kan untuk menghilangkan bau amis. Kalau sudah pakai asam jawa ya ngapain pakai kunyit lagi hehehe.

Atau ada juga yang prefer air jeruk nipis. Nah, kalau tanpa direbus dengan bumbu, saya lebih suka pakai jeruk nipis. Biasanya ayam yang cuma direndam bumbu tanpa dipanaskan bisa digunakan untuk bikin ayam kecap dkk. 

Tapi tiap keluarga punya resep Ayam Goreng Ungkep khas masing-masing lah, ya. Tetap tidak ada salahnya nyobain Resep Ayam Goreng Ungkep versi ini ;).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *