Resep Brownies Pisang Coklat

Posted on
Resep Brownies Pisang Coklat adalah godaan terbesar buat pencinta pisang sekaligus coklat seperti saya. 

Resep Brownies Pisang Coklat


Lidah kampung sejati lah ini. Buah favoritnya ya pepaya, pisang dan mangga hahaha :p.

Resep Brownies Pisang Coklat memang sengaja saya cari di situs pencarian via internet karena memang beneran pengin makan cemilan coklat yang juga ada pisangnya. Kenapa enggak bikin Pisang Coklat yang standar itu? Eit, sudah pernah dooooong :D. Resepnya saja yang belum keposting di sini.

Ini mau cari variasi lain. Bosan lah pisang coklat melulu. Mentang-mentang bikinnya tinggal gulung pisang pakai kulit lumpia olesin coklat ya hihihi.

Nemu Resep Brownies Pisang ini di blognya Mbak Hesti. Ealah, Mbak Hestinya juga terinspirasi dari blognya Mbak Endang (Just Try and Taste). Jadi ini nyonteknya berantai gitu ya :p.

Pisang yang gunakan adalah pisang yang ekstra matang. Kalau lihat gambar di bawah ini, kira-kira pisang yang nomor 7 yang paling pas.

Resep Brownies Pisang Coklat
Gambar : hubpages.com

Surprisingly, cari pisang di sini enggak susah ;). Apalagi pisang super matang. Cukup cari di rak Clearance/Sale di supermarket hahaha. Iya lho, pisang matang di sini harganya diobral. Biasanya saya beli langsung dibikin kue saat itu juga. Dimakan biasa juga masih bisa kok ;).


Untuk resepnya nyaris tidak ada modifikasi deh. Kecuali pas bikin pernah terigunya enggak cukup tinggal ganti tepung beras ketan saja yang kebetulan stoknya di dapur masih ada.

Resep Brownies Pisang Coklat


Bahan :

  • 150 gr dark cooking chocolate
  • 125 gr gula pasir (saya gak punya timbangan jadi saya pakai gula sekitar 7 sendok makan)
  • 3 sendok makan minyak sayur
  • Vanili cair secukupnya
  • 4 pisang matang ukuran sedang. Saya haluskan dengan cobekan hahahaha. Sparta sekaleeeee :p.
  • 2 butir telur kocok lepas
  • 30 gr tepung terigu (ada sendok takarnya :p)
  • 70 gr tepung beras ketan (resep aslinya 100 gr terigu, ya).
  • Setengah sendok teh baking powder
  • 20 gr coklat bubuk (sekitar 3 sendok makan)
  • Sejumput garam
Cara Membuat :

  • Panaskan oven di suhu 175 dercel. Siapkan loyang. Saya pakai loyang besi dialas kertas aluminium :p. Gak punya kertas roti huhuhu.
  • Siapkan mangkok besar. Masukkan terigu, tepung beras ketan, coklat bubuk, garam,baking powder. Aduk rata. Sisihkan.
  • Lelehkan coklat. Aduk sampai merata. Ke dalam lelehan coklat campurkan gula pasir, minyak sayur, vanili cair. Aduk sampai larut dan cair.
  • Pisang yang sudah dihaluskan tadi dituangkan ke mangkok campuran coklat dkk tadi. Aduk rata.
  • Tambahkan telur kocok ke adonan coklat-pisang tadi. Pesannya Mbak Hesti, pastikan coklat sudah tidak panas saat telur dicampurkan agar telurnya tidak matang :D. Aduk rata lagi.
  • Masukkan campuran tepung (yang nomor 2 tadi) ke dalam adonan nomor 5. Saran Mbak Hesti dicampurkannya bertahap, ya. Sambil diaduk rata.
  • Tuang dalam loyang, ratakan. Lalu panggang dalam oven. Kalau di saya, pengalaman setelah beberapa kali bikin, panggangnya cukup 30 menit saja juga sudah oke ^_^. Tergantung kondisi oven apa gimana, ya. Gak paham juga. Maklum kita mah chef jadi-jadian hahahaha.

Resep Brownies Pisang Coklat
Btw, ini bukan cemilan sehari-hari lho ya. Paling bikin Resep Brownies Pisang Coklat ini belum tentu sebulan sekali hehe. Kebanyakan makan coklat dan manis-manis bikin kepala sering pusing, Euy. Cuma buat iseng-iseng doang.

Bagi yang punya waktu buat iseng-iseng juga, sila dicoba sendiri Resep Brownies Pisang Coklat nya ;). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *