Resep Kue Gandasturi Kacang Hjau

Posted on
Resep Kue Gandastari Kacang Hijau cucok buat penggemar makanan manis bangeeeeet ^_^. Bukan makanannya yang manis banget sih, tapi kecintaan sama yang manis-manis itu yang pakai banget :p.

Resep Kue Gandasturi Kacang Hijau



Sweet tooth kayak saya tentunya paling susah menahan diri dari yang manis-manis. Termasuk ke diri sendiri dong ya #ehGimana, hahahaha :p –> tabok pake celemek!


Sebenarnya agak-agak tertukar nih memori Kue Gandasturi dengan kue tradisional khas masa kecil dulu. Namanya Kue Tara’jong. Ternyata, Tara’jong ini terbuat dari singkong yang dihaluskan. 


Tapi waktu kecil dulu pernah sih makan Kue Gandasturi Kacang Hijau ini. Apa karena sama-sama manis ya hehehe. Or simply because gue ini emang jagonya makan bukan membedah bahan-bahan makanan hahaha. 

Pokoknya asal hap-hap saja masuk mulut :p.

Dari dulu, bahan kacang hijau ini selalu jadi favorit saya :). Diturunkan ke anak nomor 2 nih hehe. Kalau anak sulung tidak terlalu doyan yang manis-manis. 

Baca juga : Resep Kue Onde-onde Kacang Hijau

Fokus utama dari Resep Kue Gandasturi Kacang Hijau ini tentunya di pembuatan kumbu kacangnya. Kalian sama tidak sih seperti saya? Kalau bayangin kue-kue tradisional pasti sudah jiper duluan hehehe.

Ternyata yaaaaa, kue-kue tradisional seperti Gandasturi Kacang Hijau ini cara bikinnya enggak ribet sama sekali. Paling yang bikin lama tuh ngerendam kacang hijaunya hahaha. Minimal setengah hari kalau saya :p. 

Dimasak pun jadi kumbu kacang pun ya cuma tinggal cemplung-cemplungin bahan terus udah deh. Digorengnya tinggal celup-celup ke adonan tepung. 

Inilah akibat dulu fokusnya makan melulu hahaha. Cara bikinnya ya bodo amat ya. Wong ya kalau lapar tinggal beli :p. Rasain deh sekarang mau beli ke mana hayooooo hahaha.

Blessing in disguise ya tinggal di rantau. Apalagi di dusun sepi begini hihihi. Mau tidak mau harus mengupgrade kemampuan memasak ^_^.

Resep Kue Gandasturi Kacang  Hijau


Bahan :

  • 100 gr  kacang hijau. Rendam dulu semalaman sampai kacangnya mekar. 
  • 1 lembar daun pandan. Pakai 2-3 juga boleh. Cuma di sini susah dapatnya jadi disayang-sayang makenya hihihi :p
  • Gula  merah secukupnya. Takarannya sesuai level manis yang diinginkan.
  • 1/2 sdt vanili cair
  • Sedikit garam, kira-kira 1/4 sdt
  • 100 ml santan cair
  • Minyak untuk menggoreng, di sini seringnya pakai minyak sayur karena adanya ya itu hehehe :p.


Bahan Celupan Tepung :

  • 100 gr terigu
  • 30 gr tepung beras
  • 1 sdt gula pasir 
  • Sedikit garam
  • Encerkan dengan air matang secukupnya. Takaran disesuaikan saja. Jangan terlalu cair, ya :).


Cara Membuat :

Resep Kue Gandasturi Kacang Hijau




  • Rebus kacang hijau sampai agak lembek dengan air secukupnya. 
  • Masak kembali kacang hijau yang sudah matang tadi dengan daun pandan, gula merah, vanili, garam dan santan. Tidak perlu dihaluskan, masak saja sambil lunak kalau diaduk-aduk juga bakal kalis dan kesat. 
  • Tunggu sampai dingin biar agak keras dan gampang dibentuk
  • Kalau sudah dingin ambil adonan sesuai ukuran yang diinginkan dan bentuk bulat-bulat pipih. 
  • Panaskan minyak goreng
  • Kalau minyak sudah panas, ambil adonan dan celupkan ke tepung pencelup tadi dan cemplungin ke minyak panas. Goreng sampai adonan habis.
  • Siap dihidangkan ^_^


Resep Kue Gandasturi menggunakan kacang hijau sebagai bahan utamanya :). Kacang hijau, salah satu produk lokal yang sudah mulai ditinggalkan ya :(. Mulai tergerus penggunaannya dengan tepung terigu.

Padahal banyak sekali cemilan tradisional yang menggunakan bahan lokal seperti tepung beras, tepung sagu, dan si kacang hijau ini ;). Etapi di Resep Kue Gandasturi juga masih ada penggunaan terigu nih :D. 

Walau sekarang penganan “internasional” sudah mulai menjamur, tetap pertahankan kuliner tradisional ya, Ibu-ibu ^_^. Lagi pula kue-kue tradisional khas Indonesia rasanya enggak kalah kan, kan, kan? (y).

Bikinnya juga tidak sulit. Tapi ya ini peer besar buat mengurangi goreng-gorengan yaaaaaaa :p.

Setidaknya gorengan yang ini bahan utamanya tidak melulu terigu saja ;).

Monggo Resep Kue Gandasturi Kacang Hijau -nya dieksekusi di dapur masing-masing D. 

Updated : saya sudah bikin vlog untuk resep Kue Gandasturi Kacang Hijau ini lho :D. Lagi seneng mainan vlog nih hehe. Video yang berisi detail pembuatan Kue Gandasturi Kacang Hijau secara live pastinya. Sila ditonton ya ^_^ :








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *