Resep Kue Onde-onde Kacang Hijau

Posted on
Resep Kue Onde-onde Kacang Hijau sebenarnya bagian dari ngidam pas hamil ketiga kemarin. Tapi enggak pernah kesampaian bikinnya.

Kalau bayangin bentuk Kue Onde-onde Kacang Hijau ini mikirnya sesusah apa gitu bikinnya ya? Padahal, bikinnya gampang banget huhuhu. Nyesel baru kepikiran nyari-nyari Resep Kue Onde-onde Kacang Hijau ini belakangan :(.

Resep Kue onde-onde kacang hijau



Entah kenapa, kalau berhubungan dengan penganan tradisional, sering merasa ribet duluan padahal tahu cara bikinnya saja belum hehehe. Sudah minder duluan.


Padahal, cemilan khas nusantara rata-rata menggunakan tepung non gluten seperti tepung beras, sagu/tapioka, atau tepung jagung/maizena. Tapi Onde-onde Kacang Hijau ini menggunakan tepung beras ketan. Katanya sih, kalau beras ketan ada glutennya ya :(.

Pemanisnya pun rata-rata menggunakan gula merah bukan gula putih. Lebih sehat sih ya harusnya :D. 


Untuk kacang hijaunya sendiri, di rumah ada 2 penggemar beratnya nih. Saya dan anak saya yang nomor 2. Kalau suami saya apa saja dimakan kok hahaha. Yang nomor satu memang agak kurang suka dengan cemilan manis-manis begini.

Yang anak nomor 2 tuh, kalau bikin bubur kacang hijau, balapan deh sama dia makannya hahaha. Rebutan boooo :p. 

Masih ada ya anak kecil zaman sekarang yang doyan jajanan tradisional kacang hijau begini? Kalau kita kan memang anak kecil tempo dulu. Wajar kalau masih demen sampai sekarang hehe.

Nah, waktu selesai bikin adonan kulit, agak panik ya. Soalnya pas banding-bandingin resep ada juga yang menyarankan dicampur dengan tapioka dan tepung beras bisa, jangan pakai tepung beras ketan 100%.

Tapi saya sudah terlanjur bikin kulitnya hanya pakai tepung beras ketan :(. Jadi ya sudahlah, tetap saya lanjutkan. Walah, hasilnya enaaaaakkkk (y). Ada juga yang mencampur dengan kentang rebus katanya lebih empuk. Saya belum nyoba.

Pas bikin kedua kali, saya coba campurkan dengan tepung beras biasa dan tapioka, hm…kurang enak rasanya. Masih lebih lentur yang adonan tepung beras ketan 100% hehe.

Karena takut bocor atau meletus, pas pertama kali kulitnya saya bikin tebal-tebal. Jadi isinya cuma seucrit hihihi. Untung sih, kulitnya saja enak dan kita semua sama kulitnya juga doyan. Kata anak-anak, sedapnya itu karena taburan wijennya yang krenyes-krenyes.

Ternyata, tipis-tipis pun tidak masalah. Asalkan adonan kulit kalis, lengket dan pas menutupnya juga jangan sampai ada yang bolong-bolong. Bikin kedua kali sudah lebih pas. Isi kumbu kacang hijaunya jadi muat banyak. Practice makes perfect, yes? ;).

Resep Kue Onde-onde Kacang Hijau

Bahan Isi / Kumbu Kacang Hijau :

  • 100 gr kacang hijau yang sudah direndam air sampai mekar lalu direbus sampai empuk
  • 4-5 sdm gula pasir
  • 100 ml santan cair
  • Vanilli cair secukupnya
  • Sedikit garam

Bahan kulit:

  • 250 gr tepung beras
  • 3-4 sdm gula halus
  • Sedikit garam
  • 150-200 ml air matang hangat. 
  • Biji wijen secukupnya untuk olesan luar kulit
  • Minyak goreng untuk menggoreng
Cara Membuat :

  • Untuk kumbu kacang, masak kacang hijau dan semua bumbu lainnya sampai tercampur rata dan airnya habis. Diamkan sampai dingin biar lebih mudah dibentuk.
  • Untuk membuat kulitnya : campurkan semua bahan (kecuali air matang) di dalam mangkok. 
  • Lalu campurkan air matang sedikit-sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan lengket.
  • Biar cepat, kumbu kacang sudah dibentuk-bentuk bulat-bulat biar nanti tinggal comot buat isian. Demikian pula dengan adonan kulitnya. Bagi-bagi dalam beberapa potongan.
  • Ambil satu potongan adonan kulit. Bentuk bulat lalu pipihkan. Usahakan agak tipis tapi jangan sampai sobek. 
  • Masukkan satu bulatan kumbu kacang yang sudah dibentuk tadi ke tengah kulit yang sudah pipih. Bungkus sampa rapi dan tidak ada celah.
  • Celupkan bulatan onde-onde ke dalam air matang. Lalu gulingkan dalam piring yang berisi biji wijen sampai semua permukaan tertutup wijen. Lakukan sampai semua adonan habis.
  • Goreng sampai coklat keemasan dalam minyak panas dan terendam.
  • Angkat dan tiriskan 
Resep Kue Onde-onde Kacang Hijau


Jadi, biar tidak meletus atau bocor tidak tergantung dengan ketebalan kulitnya. Yang penting adonan kulit kalis dan saat membungkus kumbu kacang, pastikan tidak ada yang bolong-bolong hehe. Lentur kok adonan kulitnya gampang dibentuk.

Enggak usah sampai bulat gimana-gimana banget, karena pas digoreng, bentuknya jadi bulat sendiri hehehe. Mungkin karena pengaruh kelenturan tepung beras ketan apa ya? Sotoy ah hahahaha.

Paling benar sih memang kudu praktik sendiri nih kayaknya ;). Cobain ya di dapur masing-masing si Resep Kue Onde-Onde Kacang Hijau -nya ^_^. 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *