Resep Martabak Telur Isi Jagung

Posted on
Resep Martabak Telur Isi Jagung ini variasi dari martabak telur yang dijual di gerobak abang-abang pada umumnya. Eh, martabak telur sih sudah banyak diseriusin oleh beberapa rumah makan dan restoran menengah, ya. Keren ^_^.

Saya sih penggemar berat martabak telur dari dulu. Sejak tinggal di Makassar sudah sering banget, malam-malam ngemil martabak telur + terang bulan, rame-rame di rumah.

Huh? Terang bulan apaan tuh? Hihihi.

Terang bulan itu istilah untuk martabak manis di Kota Makassar dan sekitar. Kalau tidak salah, teman-teman di beberapa wilayah Sumatera juga menggunakan istilah terang bulan buat martabak manis.

Makanya nih, kejadian lucu banget pas baru pindah ke Depok selepas lulus UMPTN. Lagi laper-lapernya malam-malam pengin beli martabak telur. Kadang, martabak telur juga saya jadikan lauk. Dimakan pakai nasi boooo hehehe :p.

Saya pesan martabak. Hastaga, dibikininin martabak manis huhuhu. Kan yang pesan banyak, jadi enggak ngeh aja gitu. Hadeeeeeh, ternyata kalau cuma bilang martabak, itu defaultnya martabak manis. Cuma bisa pasrah :p *meringisLaper*.

Tidak pernah tertarik belajar-belajar bikin Resep Martabak Telur. Ngapain? Pan tinggal beli yak hahaha. Di Jeddah juga gitu. Banyak bener katering atau ibu-ibu doyan masak yang selalu available kalau ditanyain stok  martabak telur. Salahkan teman-teman saya di Jeddah yang doyan masak!!! Hahaha.

Resep Martabak Telur yang ini sebenarnya cuma pakai kulit lumpia (Spring Roll). Malas bikin kulitnya. Susah juga tuh nampaknya ya *garukKepala*. Kalau pakai kulit lumpia istilahnya … Resep Martabak Telur mini gitu kali ya.

Kalau isi daging sapi atau isi daging ayam ya itu standar.

Tapi kepingin juga ala-ala vegetarian. Walau tentu tidak bisa 100% karena adanya penggunaan telur. Walau gitu, saya tetap menganggap Resep Martabak Telur Isi Jagung ini sebagai kombinasi pas untuk Food Combining. Maksa? Hihihihi.

Penggunaan telurnya ya dikurangi sih. Untuk menghasilan 16 buah dari Resep Martabak Telur Isi Jagung ini, hanya perlu 3 butir telur ukuran sedang/besar. Bisa ditolerir lah. Dianggap tidak ada protein hewani ;). Kan makannya paling banter kuat ngabisin 3 doang. Makan pakai nasi kalau saya mah hahahaha.

Biar enggak capek-capek masak, sekalian jadi lauk buat suami anak-anak :p. Tinggal kasih sayuran segar + nasi, beres sudah ;). Makan mah enggak perlu ribet-ribet. Satu lauk non sayur juga sudah cukup. 

Bukan pelit lho ini. Tapi panduan makanan sehat itu memang bukan yang ribet-ribet dan tidak perlu rakus-rakus ;). Pokoknya konsep-konsep kebaikan universal itu biasanya sejalan kok. Hidup sederhana + hidup sehat = pasti nyambung ^_^.

Sebelum masuk ke resep, lihat fotonya dulu  biar semangat hahahaha :p.

Resep Martabak Telur Isi Jagung

And here’s the recipe ;). Bikinnya gampang deh pokoknya :D. 

Resep Martabak Telur Isi Jagung

Bahan :

  • 1 kaleng jagung manis (pakai yang kalengan biar cepat hahaha :p)
  • Daun bawang cincang kasar
  • Batang seledri cincang kasar (takaran daun bawang dan seledri ya secukupnya yang diinginkan ya, bingung nakar pasnya seberapa :D).
  • 1/2 Bawang bombay, cincang kasar
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • Merica bubuk secukupnya 
  • Garam + gula secukupnya
  • 3 butir telur ukuran besar, kocok lepas
  • Kulit lumpia/Spring Roll 14-16 lembar

Cara Membuat :

  • Panaskan minyak di wajan
  • Campurkan ke dalam wadah/mangkok besar : jagung manis + daun bawang + seledri + bawang bombay + ketumbar + merica + garam + gula. Aduk sampai tercampur rata.
  • Telur dikocok lepas di wadah yang terpisah. Jangan dicampur ke adonan jagungnya.
  • Ambil selembar kulit lumpia, isi dengan isian jagung + 2-3 sendok makan telur
  • Lipat segi empat atau model gimanalah maunya (hihihi) lalu celupkan ke dalam minyak yang sudah panas. Makanya, tunggu minyaknya panas dulu. Karena kalau kelamaan ditaruh nanti telurnya bocor keluar. Begitu diisi dan kulit dilipat langsung cemplungin ke minyak.
  • Pas awal digoreng, ciprat-cipratin minyak ke permukaan atasnya, ya. Ya biar mirip sama penjual abang  martabak beneran hihihihi. Biar telurnya  juga cepat matang yang bagian dalam.
  • Angkat dan tiriskan.

Bener kan? Resep Martabak Telur isi Jagung ini gampang bikinnya ;).

Isi jagung bisa diganti dengan tahu, kacang merah atau jamur. Yang kacang merah sudah sempat kefoto tuh kemarin pas bikin hahaha. Resep menyusul.

Jadi martabak telur ya tidak melulu pasangan dengan daging sapi atau daging ayam dan protein hewani lainnya :D. Bisa juga menjalin pertemanan dengan geng vegetarian hihihi.

Buat yang kepengin mengurangi konsumsi protein hewani tapi tetap ngotot makan martabak telur (saya, saya, saya! :p), Resep Martabak Telur isi Jagung ini patut dijajal (y). 
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *