Resep Nasi Ayam Hainan

Posted on
Resep Nasi Ayam Hainan ala-ala sih ini hihihi. Digabung-gabung dari berbagai resep :D. 

Tempo hari sempat melihat resep Nasi Ayam Hainan yang enggak ribet gitu seliweran di newsfeed Facebook. Masaknya juga cuma di panci teflon. Cuma cemplung-cemplung terus dimasak sampai matang :). Nasi + ayamnya juga dimasak bareng ;).

Tapi kok ya enggak pakai bawang-bawangan gitu, ya. Maklum sih kita lidahnya sudah nusantara banget. Bawang itu wajiblah mau masak apa juga :p.

Resep Nasi Ayam Hainan


Jadilah resep dari video tersebut dipermak sana sini hihihi.

Nasinya kelihatan terlalu coklat, ya. Itu karena memang bikinnya seringnya pakai beras coklat :D. Di sini lumayan gampang dapat beras coklat.


Beras coklat beda dari beras putih. Beras coklat itu katanya penggilingannya cuma satu kali. Sedangkan beras putih bisa berkali-kali. Makanya, makin pulen, makin wangi, makin putih, konon….makin tidak sehat deh tuh beras hehehe :p.

Seringnya sih, saya campur beras putih dan beras coklat dalam rice cooker. 

Tekstur beras putih lebih lengket. Beras coklat lebih keras dan rasanya kurang manis. Paling endes ya  memang beras putih, ya.

Nah, beda lagi jenisnya dengan beras merah yang meruntul-runtul itu. Tapi diantara ketiganya, beras merah lah yang paling “sehat” :). Diantara beras putih vs beras coklat, katanya sih lebih “sehat” beras coklat. Kulit arinya masih tersisa gitu-gitulah.

Untuk membahas jenis-jenis beras enaknya pakai postingan terpisah, ya. Kalau begini ya kapan kelar ngomongin resep Nasi Ayam Hainan nya hahaha :p.

Btw, walau di rumah suami dan anak-anak kayaknya kurang semangat kalau disodorin Nasi Ayam Hainan, tapi saya doyannya pakai bangeeeeeeet. Bikinnya praktis boooo ;). Anehnya, saya enggak suka pakai saos/bumbu kuahnya itu.

Aroma jahenya bisa mengusir bau amis dari ayam. Terus aroma daun bawangnya juga sedep bener deh. Kok bisa siiiiiiiih suami dan anak-anak gak doyan ya? Tapi baguslah, mama makannya bisa banyak hahaha.

Ah ya buat pola makan Food Combining, resep ini tergolong kurang “serasi”. Karena menggabungkan karbohidrat + proteinn hewani. Jadi, jangan tiap hari, ya. Sekali setahun aja! Busyet, kejam amat hahaha. Ya pokoknya dikira-kira lah. Sekali sebulan juga oke sih ;).

Resep Nasi Ayam Hainan


Bahan :

  • 1/3 kg beras putih/beras coklat
  • 5 cm Jahe, diiris tipis-tipis
  • 6 potong paha ayam, saya ambil paha bawah biar anak-anak seneng hehehe. Harusnya sih paha atas biar saat matang bisa dipotong-potong gitu :D.
  • 2 sdm kecap asin
  • 3 -4 lembar daun bawang. Boleh dimasukkan utuh atau diiris tipis. Mending utuh saja hemat kerjaan ya booooo hihihi.
  • 1 sdt kaldu ayam
  • 1/2 siung bawang bombay cincang kasar
  • 1 siung bawang putih iris halus
  • 1 sdm minyak sayur untuk menumis
  • Garam secukupnya
Cara Membuat :

Resep Nasi Ayam Hainan Rebus bareng ayam dan beras


  • Tumis sampai wangi bawang bombay dan bawang putih. Sisihkan.
  • Masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam panci/wajan teflon. Air sesuai takaran masak yang biasa, ya. Kurangi sedikit karena ayam kan biasanya mengeluarkan air.
  • Masukkan irisan jahe, kecap asin, kaldu ayam, tumisan bawang + sisa minyaknya sekalian, garam.
  • Tambahkan potongan ayam + daun bawang di permukaan.
  • Masak sampai matang :).
  • Siap dihidangkan

Cara Membuat kuah/saos Nasi Ayam Hainan :

  • 2 sdm kecap manis, atau bisa diganti 1 sdmnya dengan madu :).
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm saos asam manis
  • Irisan daun bawang
  • 100 ml kaldu ayam yang diencerkan dengan air hangat
  • Campur semua bumbu dan aduk rata


Resep Nasi Ayam Hainan Rebus bareng nasi dan ayam
Ke mana daun bawangnya, ya? Kok enggak kefoto *garukIdung* hihihi.

Adek bayi juga bisa dihidangkan Nasi Ayam Hainan. Tapi biasanya saya kukus lagi biar lebih lunak/empuk. Kok jadi mirip nasi tim ya p. Model nasi tim da sejenisnya sudah boleh diberikan kepada bayi sejak usia  1 tahun. Ada juga yang 10 bulan sudah pinter makan nasi-nasi an :).

Ah ya, selamat tahun baru ya, teman-teman. Tadi malam dugem di mana hayooooo hehehe. Kita sih seperti biasa, tahun baruan yang tidur kayak biasa hihi. Di kota kecil ini sama sekali tidak ada atraksi apa-apaan.  Malah dingin banget pula. Sempat hujan pula semalam sebelum tidur. Makin pules deh sampai pagi :D.

Tahun baru, semangat baru, cita-cita baru. Aamiin.

Jangan lupa dicobain ya Resep Nasi Ayam Hainan nya ;). 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *