Resep Perkedel Udang Wortel

Posted on
Resep Perkedel Udang Wortel ini bisa dikategorikan “menu pemalas” hahaha. Maksudnya menu yang dibuat kalau benar-benar lagi buntu mau masak apa. Buntu maksudnya malas hahaha.

Resep Perkedel Udang Wortel


Eh, enggak deng. Kalau benar-benar parah malasnya saya biasanya ceplokin telor atau rebus telur –> super ini mah malasnya :D.

Resep Perkedel Udang Wortel mah bikinnya cuma iris-iris sama cemplang cemplung terus goreng. Bahan-bahan standar : ya tentunya pakai udang dan wortel sesuai namanya plus terigu-bawang dll.

Ya memang disesuaikan kemampuan memasak si empunya blog yang … begitulah hahaha.

Namanya udang sih ya, anak-anak pasti doyan ;). Suami juga doyan. Cuma tentu seafood semacam udang ini dibatasi banget konsumsinya. Sebulan sekali belum tentu beli.

Selain karena udang ini termasuk makanan dengan kolesterol tinggi (katanya) juga karena itu, anu… harganya mahal boooo hahaha.

Etapi di Jakarta pun, harga udang tidak bisa dibilang murah kan ya? 

Dulu di Jeddah harganya enggak mahal-mahal amat kalau beli ke Pasar Ikan. Rasanya di Makassar pun juga begitu. Ya dua-duanya memang kota pantai banget ya. 

Jakarta juga punya pantai. Cuma gak sebanding dengan penduduknya yang segabruk-gabruk hihihi p. Lagian apa pantai di Jakarta masih menghasilkan banyak? Hm…mungkin sudah tidak seasri dan senyaman pantai-pantai di Makassar, apalagi di Jeddah :D.

Irlandia pun sebenarnya negara yang nangkring di pulau dan dikelilingi pantai. Cuma entah ya, seafood mahal amit dah di sindang. Apa karena lautnya Laut Atlantik, ya? Dingiiiiiinnn –> dih, apa hubungannya hahaha :p.

Baiklah mari kembali ke topik … Resep Perkedel Udang Wortel tadi.

Resep Perkedel Udang Wortel 

Bahan :

  • 100 gr udang kupas yang siap masak. Dicincang kecil-kecil atau sedang terserah saja.
  • 1 buah wortel, kupas dan potong kecil-kecil, bentuk terserahlah hihihi.
  • 1/4 bawang bombay, cincang kasar
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • Daun bawang, cincang halus
  • Batang seledri, cincang halus
  • 1 buah cabe merah besar, cincang kasar (kebetulan pas edisi foto ini kayaknya lagi enggak ada stok cabe deh jadi gak kelihatan  merah-merahnya tuh :D)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 150 gr terigu
  • 1 sendok makan tepung beras atau tepung sagu
  • Garam gula secukupnya
  • Air  matang secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng (saya pakai minyak sayur)

Cara Membuat :

Resep Perkedel Udang Wortel


  • Campur semua bahan (kecuali air matang, minyak goreng) dalam wadah mangkok atau apalah :D. Aduk sampai tercampur.
  • Tambahkan air matang sedikit demi sedikit biar enggak terlalu encer. Jangan juga terlalu keras, ya. 
  • Panaskan minyak di wajan. Lalu goreng adonan sampai kekuningan sesendok demi sesendok sampai adonan habis. 

See? Gampang banget, kan, kan, kan?

Gurihnya udang otomatis sudah memberi rasa tersendiri buat adonan perkedelnya. Kalau mau menambahkan kaldu bubuk rasa seafood juga boleh. Jangan banyak-banyak tapi yaaaa :D. Rasa ayam atau sapi pun juga bisa aja, sih.

Seperti biasa yaaaaa, jangan lupa kalau makan selalu diselipin sayur-sayuran segar :D. Wortel dalam perkedelnya mah enggak usah “dihitung” lah hehehe. Sayur tuh kalau sudah dipanaskan, efeknya sudah tidak se-cetar dalam kondisi segar/tanpa pengolahan ;).

Resep Perkedel Udang Wortel pas nya sih jadi cemilan gurih, ya. Tapi buat saya, ini lauk buat dimakan sama nasi oleh anak-anak hahahaha. Enggak mau rugi :p. Biar praktis juga masaknya. Masa buat cemilan doang huhuhu. 

Cobain sendiri ya di rumah buat variasi ;). Selain praktis, ya namanya udang yaaaaa, jaminan gurihnya juga top lah :D. Yuk yaaaa, monggo Resep Perkedel Udang Wortel -nya ^_^





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *