Resep Puding Roti Coklat

Posted on
Resep Puding Roti Coklat ini ya puding biasa dikasih coklat sama roti hahaha. As simple as it sounds :p. 

Maklum ya, chef -nya masih anak TK nih *benerinCelemek*.

Resep Puding Roti Tawar Coklat



Sebelum pindah ke sini sudah dikasih tahu teman kalau di sini enggak ada agar-agar. Jadi saban mudik selalu bawa perbekalan Swallow Globe segabruk hihihi.


Ternyata, sekarang sudah ada puding instan berbagai rasa katanya. Tapi saya lebih prefer pakai agar-agar tempo dulu yang harus dimasak dengan aneka campuran.

Belagu kauuuuu hahahaha.

Biarin ah biar belajar masak :p. Kalau mau puding rasa santan ya tambahin sendiri santannya, biasanya satu paket dengan gula merah, nih. Pernah bikin juga, nanti bikin berikutnya mau masukin blog juga, aaaah.

Mau puding rasa coklat? Ya tinggal encerin coklat batangan terus masukin ke adonan agar-agar hehehe. Saya paling suka dark cooking chocolate (DCC). Di sini enggak mahal lho DCC berbagai merek ;). Ada yang 200 gr cuma 99 sen hihi *ngikikNgirit*. Rasanya sedap pula (y).

Untuk rotinya karena seringnya beli roti gandum ya pakai roti gandum terus jadinya. Ada juga resep tepung roti yang rotinya diblender sampai halus dengan susu. Tapi kalau saya rotinya lebih enak kalau dipotong-potong kecil-kecil saja. Disobek-sobek gitu terus diatur di wadah sebelum disiram adonan agar-agar.

Anak nomor dua yang paling doyan cemilan manis begini. Sweet tooth  banget kayak mamanya. Sementara anak sulung kurang suka. Suami juga ya makan sekadarnya. Dia juga lebih demen yang gurih-gurih.

Adek bayi nih yang entah gedenya ngikut selera siapa ;).

Tapi dalam beberapa kesempatan, belum sempat difoto yang bener, piringnya sudah diserbu duluan hahaha. Fotonya jadi acak kadut begini :p :


Resep Puding Roti Tawar Coklat
Belum bisa jadi food blogger yang sahih nih. Motretnya masih abal-abal. Serba setengah-setengah nih. Bisa masak juga setengah-setengah, jago motret juga kagak hahaha.

Resep Puding Roti Coklat


Bahan :

  • 1 bungkus agar-agar plain tanpa rasa. Kalau saya ya masih selera jadul, pakai yang merek Swallow Globe yang dari zaman nenek masih hidup juga pakainya itu hahaha :p. Warna apa pun gak masalah. Nanti kena coklat juga otomatis jadi coklat ;).
  • 100 gr dark cooking chocolate (DCC), dilelehkan
  • 300 ml susu cair, saya pakai susu kedelai biasanya. Pakai susu sapi lebih endeus juga sih :). 
  • 125 gr gula pasir
  • 600 ml air matang
  • 3 buah roti tawar (saya pakai roti gandum). Sobek kecil-kecil dan atur di dalam wadah tempat menuangkan agar-agar nanti.
Cara Membuat :

  • Air matang dituangkan ke dalam panci bersama bubuk agar-agar. Nyalakan api sambil diaduk sampai rata.
  • Masukkan gula + DCC + susu cair. Aduk rata dan didihkan.
  • Siapkan wadah untuk menuangkan agar-agar. Dalam wadah tersebut sebar-sebar roti yang sudah disobek kecil-kecil. Atur sampai merata menutupi seluruh permukaan wadah.
  • Kalau adonan agar-agar sudah agak dingin tuangkan ke dalam wadah yang sudah berisi potongan roti tadi. Jangan pas terlalu panas ya, rotinya bisa ngambang nanti. Tapi jangan tunggu sampai dingin dan mulai keras :D. Pokoknya asal sudah tidak terlalu panas, sudah boleh dituangkan.
  • Tunggu sampai agar-agarnya mengeras. 
  • Bisa langsung dipotong dan dihidangkan. Atau masukkan kulkas dulu biar bisa disantap dingin-dingin. 



Gampang dong ya seperti biasanya hahaha. 

Bikin Resep Puding Roti Coklat enggak bisa sering-sering juga. Roti, walau yang gandum sekali pun, termasuk makanan olahan/pabrikan yang tentunya punya efek buruk kalau dikonsumsi rutin. Ya sekali-sekali bolehlah :).

Tapi sekali bikin Puding Roti Coklat, 3/4 perempat loyang bisa saya sikat sendiri kali hahaha. Ya soalnya cuma berdua dengan si nomor 2 rebutannya :p. Yang anak gede biasanya ngabisin satu potong doang terus udahan.

Ya buat variasi cemilan manis yang praktis-praktis aja lah ya. Apalagi ini lumayan ngirit karena enggak pakai telur hihihi. Saya justru kurang suka kalau pakai telur. Oiya, kok enggak pakai saos vla sih. Malas bikinnyaaaaaa hahaha :p.

Lagian ini memang sudah dibikin ekstra manis jadi tidak perlu vla-vla an juga sudah bisa endeus ;).

Yuk yaaaaa, kalau mati gaya bikin cemilan tapi malas ribet, Resep Puding Roti Coklat -nya boleh dicoba, Kakaaaaa ^_^. 







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *