Resep Risoles Ragout Ayam

Posted on
Resep Risoles Ragout Ayam termasuk resep yang repetitif buat saya. Alias sering dibuat. Tapiiiiiiiii … biasanya mentok di bikin ragout ayam-nya doang hahaha. Bikin kulit risolesnya malas, Euy :p.

Ragout Ayam -nya kan bisa dijadikan isian roti biasa atau dimakan dengan roti kebab. 

Pas Mama di sini, akhirnya bikin full, lengkap dengan kulitnya. Biar sekalian ngajarin Mama bikin risoles *gayaLo*. Maklum lah kalau di Indonesia kan rada jarang belajar bikin penganan model begini. Wong tinggal beli kok ya kalau di Jakarta ;).

Tidak mungkinlah saya praktik Resep Risoles Ragout Ayam ini kalau tidak berbekal contekan hahaha. Contekannya dari Mbak Diah Didi ;).

Ternyata, bikin Ragout Ayam itu enggak susah-susah amat, ya. Saya bayanginnya sudah pakai ini itu. Cuma pakai tepung dan susu saja, tuh. 

Yang paling challenging ya bikin kulitnya itu lhoooooo. Gemesssss :D. Suka sobek gitu :(. Padahal misalnya pas dipegang sudah lumayan kokoh. Eh, setelah diisi dan dilipat ada yang retak huhuhu.

Kalau pun misalnya pas dilipat rasanya oke-oke saja. Ealah, masuk minyak kok ada saja yang retak. Tapi santaiiiiii…menurut pengalaman, ala bisa karena biasa ;). Practise makes perfect, yes? ^_^

Resep Ragout Ayam Gampang





Oiya, Mbak Didi kan ayamnya direbus baru dipotong-potong ya. Saya hanya cuci bersih terus dicincang kecil-kecil. Jadi ditumis sekalian nanti ke adonan tepung. Sila jika ingin direbus seperti Mbak Didi ;).

Wortelnya juga tidak saya rebus dulu. Langsung potong kecil-kecil saja. Toh nanti juga dimasak bareng adonan terigu. Mungkin teksturnya jadi agak keras. Memang saya doyannya yang agak crunchy, kalau lembek jadi kurang selera ^_^. Kebiasaan makan sayur dalam kondisi segar mungkin ya. Ecieeeeee, si vegan ala-ala hahaha. 

Resep asli dari Mbak Didi di sini ya 😉. Yang saya tulis resep palsunya? Hahaha :p. 

Resep Risoles Ragout Ayam

Bahan Ragout Ayam :

  • 200 gr daging ayam, potong kecil-kecil
  • 1 buah wortel ukuran sedang. Potong kecil-kecil. 
  • 3 sdm terigu
  • 1 buah Bawang bombay cincang kasar, ukuran sedang. Nah, di sini tuh ada bawang bombay sekepalan tangan orang dewasa. Kalau segitu pakai sepertiga aja ya :D. 
  • Sedikit pala bubuk
  • 1/4 sdt merica. Saya suka kalau mericanya banyak hehehe. Disesuaikan selera masing-masing, ya.
  • 200 ml susu cair (saya pakai susu kedelai)
  • Batang seledri, cincang halus
  • Garam + gula secukupnya 
  • Kaldu ayam blok secukupnya saja, ya. Pakai sedikit juga sudah terasa “efek”nya ;).  
  • Minyak untuk menumis (saya pakai minyak zaitun)

Cara Membuat Ragout Ayam :

  • Panaskan minyak. Begitu panas, masukkan bawang bombay. Tumis sampai wangi.
  • Setelah itu tambahkan terigu. Sedikit demi sedikit. Sambil diaduk hingga berbutir. 
  • Masukkan susu cairnya. Terus diaduk. Enggak usah nunggu halus, soalnya nanti juga bakal mulus sendiri kok.
  • Masukkan ayam + wortel. Aduk terus, ya.
  • Setelah itu masukkan pala + merica + garam + gula 
  • Masak sampai kental. Koreksi rasa.
  • Masukkan seledri cincang. Aduk sampai rata. Selesai deh ^_^. Sisihkan dulu. 




Nah, sekarang bagian ribetnya : bikin kulit! Huhuhu :p. Untuk kulit Mbak Didi pakai susu karena katanya lebih lentur. Saya pernah pakai air, pakai susu, atau dicampur. Dan saya lupa bedanya apa ya hahaha -_-. 

Bahan Kulit : 

  • 150 gr terigu setara dengan kira-kira 10 sendok makan kalau gak punya takaran. 
  • 400 ml susu cair (saya juga pakai susu kedelai)
  • 2 buah telur
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng


Cara Membuat Kulit :

  • Campur terigu + garam dalam wadah/mangkok. Buat lubang di tengahnya.
  • Masukkan telur ke tengah adonan tadi. Aduk-aduk.
  • Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  • Masukkan minyak goreng. Aduk terus sampai mulus ya.
  • Buat dadar tipis di atas teflon sampai adonan habis.


Membuat Risoles :

  • Siapkan tepung panir di atas piring. Saya biasanya pakai roti tawar biasa lalu diblender sampai agak halus. Agak kasar sih jadinya. Tapi jadi crispy kan hehe.
  • Siapkan telur kocok untuk mencelup.  
  • Panaskan minyak untuk menggoreng
  • Ambil kulit. Isi dengan adonan ragout ayam yang sudah dibuat sebelumnya. Lalu lipat rapi.
  • Celupkan ke dalam telur lalu gulingkan di atas tepung roti.
  • Lalukan sampai adonan kulit + ragout ayamnya habis.

Seperti saya bilang di awal, agak repot ya. But it’s worth all the effort lho ;). Risoles Ragout Ayam kan memang salah satu cemilan gurih yang paling enak. 

Terakhir bikin Resep Risoles Ragout Ayam ini bareng dengan Resep Daging Empal Gepuk :D. Buat dikasih ke teman. Semacam “balas jasa” abis dikirimin makanan juga sebelumnya hehe. Gak apa ya, capek sedikit biar teman senang ^_^. 



Aslinya mah jarang-jarang bikin Resep Risoles Ragout Ayam ini :p. 

Namanya tinggal di rantau, walau sebenarnya enggak doyan jajan, sesekali pasti kepengin ya makan menu-menu khas di tanah air. Makanya, yang ribet sekali pun pasti dijabanin juga kalau hasrat sudah tak tertahankan *tsaaah* :D.

Kalau di Jakarta sih, mana kebayang ya bakal mau menghabiskan waktu di dapur untuk membuat Resep Risoles Ragout Ayam ini hehe :p.









Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *