Resep Sop Kambing Kuah Bening

Posted on
Resep Sop Kambing

Resep Sop Kambing Kuah Bening googlingnya gampang-gampang susah, ya, hehehe :D. Tapi pada dasarnya bumbu-bumbu yang digunakan banyak  kemiripan.

Sebenarnya sempat nyasar di Resep Sop Kambing kuah kuning dan pakai santan segala. Cuma jadinya bingung, itu soto apa sop sih? Ish, suka-suka yang punya resep dong ya :p.

Ada juga resep yang cuma pakai bawang putih, merah, jahe, garam gula terus udah. Wah, yang ini langsung diskip :p. Entah ya, kalau rempahnya kurang kayaknya gimanaaaa gitu. Saelah, kayak gue yang paling jago masak aja hahaha :p.

Btw, dibanding  memasak daging sapi, saya lebih suka memasak daging kambing. Soalnya lebih cepat dan rasanya lebih gurih dan tidak kesat. Soal baunya aja paling, ya.


Tapi di sini tuh kayaknya yang sering dijual itu daging domba. Memang baunya agak beda. Daging domba tidak seamis daging kambing. Tapi rasanya sih ya mirip-mirip saja. Terus terang semasa di Indonesia, saya emang agak ogah makan daging kambing.

Ini aja karena terpaksa masak di sini jadi coba-coba mengolah daging kambing selain daging sapi, ayam, atau ikan. Ternyata kambing lebih  hemat hihihi. Harga sih mirip-mirip dengan daging sapi, tapi hemat di waktu dan penggunaan gas/listrik #eaaaaa. Emak-emak mah selalu duit deh ujung-ujungnya hahaha.

Soal kolesterol, nah ini juga cukup debatable. Karena banyak yang meyakini bahwa kolesterol daging kambing lebih tinggi daripada daging sapi. Tapi ada juga yang bilang, kolesterolnya sih sama saja :D.

Intinya makanan model begini jangan dijadikan menu harian, ya ;). Sesekali ya bolehlah. Termasuk bikin Resep Sop Kambing khusus buat masuk di blog saja hahahaha :p.

Resep Sop Kambing Praktis


Resep Sop Kambing Kuah Bening


Bahan :

  • 400-500 gr daging kambing. Cuci bersih dan potong-potong.
  • 6 butir cengkeh
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 5 cm kayu manis
  • 1 buah bawang bombay, cincang kasar/halus
  • Garam + gula secukupnya
  • Kaldu penyedap (opsional) secukupnya

Bumbu dihaluskan:

  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdt merica, pakai bubuk juga bisa.
  • 1/2 sdt kapulaga bubuk
  • 1/4 sdt lengkuas bubuk
  • Sedikit kunyit

Pelengkap :

  • 1 buah tomat segar, dipotong-potong untuk disantap bersama Sop Kambing
  • Bawang goreng
  • Batang seledri, cincang halus/kasar
  • Daun bawang, cincang halus/kasar

Cara Membuat :

  • Rebus daging (menggunakan kira-kira 1 liter air) bersama kayu manis + pala + cengkeh. Rebus sampai kira-kira daging setengah empuk.
  • Tumis bawang bombay sampai harum.
  • Masukkan bumbu halus ke dalam tumisan bawang bombay. Aduk rata. Tumis sampai harum.
  • Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging. Tambahkan garam + gula secukupnya
  • Rebus daging bersama bumbu sampai daging empuk dan bumbu meresap.
  • Koreksi rasa
  • Sop Kambing siap dihidangkan bersama potongan tomat + taburan bawang goreng + daun bawang + seledri  ^_^
Resep Sop Kambing Kuah Bening
Bikin sop ini suka untung-untungan juga ya hihihihi. Kadang rasanya sedap-sedap segar. Kadang juga gimana itu baunya rada-rada nganu -_-. Mungkin faktor koki amatirnya juga hahahaha.

Kalau masuk musim dingin kayak sekarang nih emang paling pas bikin menu sop-sop an. Nah, ini di rumah pada enggak doyan Sop Ayam. Anak-anak sih paling suka dengan Sop Daging Sapi :D. Tapi Sop Kambing juga termasuk laris ;).

Bikin sop mah tinggal cemplang cemplung. Bisa ditungguin masaknya sambil berantem di Facebook misalnya hahahaha. Lagi ramai nih jelang Pilkada DKI 2017. Saya sendiri masih pegang KTP DKI, makanya ikutan ribut-ribut :p.

Anyway, monggo dicoba ya Resep Sop Kambing Kuah Bening di dapur masing-masing (y). 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *